Translate

Klaim Asuransi Mobil All Risk, Bagaimana Caranya?

Sebagian besar dari kamu mungkin tidak memiliki asuransi mobil, tapi tahukah kamu dengan memiliki produk asuransi mobil, kamu akan mendapatkan banyak manfaat, silakan anda baca dulu artikel ini Tentang Asuransi Mobil. Di artikel itu juga dijelaskan tentang keuntungan jika memiliki asuransi mobil, salah satunya adalah jika kendaraan Anda mengalami kerusakan, kehilangan, atau pencurian, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi dengan jumlah yang cukup besar. Serta banyak keuntungan lain yang akan anda dapat.

Pengertian Klaim Asuransi

Klaim asuransi mobil adalah upaya nasabah untuk mendapatkan penggantian kerugian kepada perusahaan asuransi terhadap sebuah risiko yang terjadi seperti kecelakaan atau pencurian pada mobil yang diasuransikan.
klaim asuransi mobil All Risk


Scroll ke bawah untuk menuju link.

Ada dua jenis Asuransi mobil, yaitu All Risk dan Total Loss Only. Silakan anda baca penjelasannya disini Jenis Asuransi Mobil

Ada sedikit perbedaan tentunya untuk Klaim asuransi All Risk dengan Total Loss Only, dan artikel ini akan menjelaskan tentang Klaim Asuransi All Risk.
Untuk All Risk segala jenis kerusakan bisa ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Misalkan kerusakan lecet, beret, penyok. Ya asalkan masih termasuk dengan perlindungan yang disediakan oleh pihak perusahaan asuransi dan tidak melanggar kebijakan maka bisa untuk klaim.

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk
1. Hubungi Pihak Asuransi Mobil
2. Siapkan Dokumen Yang Diperlukan
  • Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian
  • Fotocopy:
  • Polis, sertifikat, lampiran.
  • SIM milik pengemudi pada saat kejadian.
  • STNK 
  • KTP tertanggung.
3. Bertemu dengan Surveyor dan Mengisi Formulir Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk
4. Datangi Bengkel Rekanan
5. Pihak Asuransi menerbitkan SPK (Surat Perintah Kerja) ke bengkel.

Begitulah caranya, dan perlu anda perhatikan tidak semua klaim diterima. Ada beberapa hal yang dapat membuat klaim anda ditolak.

Lalu apa saja penyebab klaim asuransi mobil ditolak?

1. Pengajuan Klaim Terlambat
Ketika Anda ingin mengajukan klaim asurans mobil, tindakan pertama yang harus dilakukan jika terjadi kerugian akibat kecelakaan yaitu melapor ke pihak asuransi dengan jangka waktu maksimal yaitu 5 hari kalender sejak terjadinya kecelakaan.

2. Perbaikan Sendiri Setelah Kecelakaan
Sebelum melapor, Anda tidak perlu berinisiatif untuk memperbaiki sendiri, ataupun memanggil layanan bengkel siap-panggil langganan Anda. Karena jika perbaikan sudah dilakukan, maka pihak perusahaan asuransi tidak bisa melacak kronologi kejadian kecelakaan dan kerusakan yang terjadi

3. Pengendara Tidak Memiliki SIM
Pastikan pengendara memiliki SIM yang masih berlaku, serta pengendara tidak berada di bawah pengaruh minuman beralkohol ataupun obat-obatan terlarang, karena ini juga merupakan alasan mengapa klaim asuransi mobil anda ditolak.

4. Kondisi Untuk Mobil Bekas
Jika Anda membeli mobil bekas yang telah dilengkapi asuransi mobil, segera ajukan penggantian nama yang tertera di salinan polis asuransinya kepada perusahaan asuransi, dari pemilik lama menjadi nama Anda. Ini sangat penting dilakukan karena pihak asuransi akan menolak pengajuan klaim dengan nama kepemilikan yang berbeda

5. Pelanggaran Aturan
Perhatikan juga untuk tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas, kebut-kebutan di jalan, sebelum kecelakaan, atau parkir bukan pada tempat yang semestinya merupakan salah satu penyebab klaim asuransi mobil ditolak.

6. Alih Fungsi Mobil ke Komersil
Mengalihfungsikan mobil dari kendaraan pribadi menjadi mobil angkutan penumpang atau barang, atau semacam taksi online juga merupakan penyebab klaim asuransi ditolak.

Demikian cara Klaim Asuransi Mobil All Risk, bagi anda yang ingin Klaim Asuransi Mobil TLO baca juga tentang cara Klaim Asuransi Mobil TLO berikut.
Silakan kunjungi Klaim Asuransi Mobil All Risk, Bagaimana Caranya?




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hal yang melanggar Asuransi Mobil

Perusahaan Asuransi Mobil Termurah 2017

Tentang Asuransi Mobil yang Anda Perlu Tahu